Kedudukan, Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran
KEDUDUKAN, FUNGSI DAN MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN
Pembelajaran adalah suatu system yang
mempunyai komponen – komponen seperti bahan pelajaran, kegiatan belajar
mengajar, sumber dan media, serta evaluasi. Dan kedudukan media sama pentingnya
dengan dengan komponen yang lain yang mendukung terbentuknya tujuan
pembelajaran. Karena metode yang digunakan dalam proses pembelajaran biasanya akan
menuntut media apa yang dapat diintegrasikan dan diadaptasikan dengan kondisi
yang dihadapi.
Ada 10 komponen system pembelajaran
yang dikemukakan ole S. Gerlach dan P. Ely, antara lain :Perumusan tujuan
pembelajaran yang jelas, Memilih atau menentukan bahan pelajaran yang akan
diajarkan, Mengidentifikasi kemampuan apa yang dimiliki para siswa sebelum
melaksanakan kegiatan belajar yang direncanakan, Menentukan strategi pangajaran
yang akan ditempuh, Pengorganisasian siswa atau mengatur siswa dalam kegiatan
belajar mengajar yang akan ditempuh, Menentukan waktu yang akan digunakan,
Menentukan ruangan yang akan dipakai, Menentukan sumber dan media yang akan
dipakai, Penilaian penampilan guru dan siswa.
b.
Fungsi media pembelajaran
secara umum media pendidikan mempunyai fungsi sebagai berkut
:
·
Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat
verbal
·
Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.
· Penggunaan media pendidikan secara tepat dan bervariasi
dapat mengatasi sikap pasif anak didik.
·
Dengan sifat yang unik pada setiap siswa ditambah lagi
dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda, sedangkan kurikulum dan materi
pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa, maka guru banyak mengalami
kesulitan bilamana semua itu harus diatasi sendiri.
Sedangkan menurut beberapa ahli menyebutkan fungsi media pembelajaran,
antara lain :
Menurut McKnow ( Sihkabuden, 2005:19 ) media terdiri dari fungsi yaitu :
- Mengubah titik berat pendidikan formal, yang artinya dengan media
pembelajaran yang sebelumnya abstrak menjadi kongkret, pembelajaran yang
sebelumnya teoritis menjadi fungsional praktis.
- Membangkitkan
motivasi belajar
- Memperjelas
penyajian pesan dan informasi.
- Memberikan
stimulasi belajar atau keinginan untuk mencari tahu
Menurut Levie dan Lentz, seperti yang
dikutip oleh Arsyad (2002) bahwa media tersebut memiliki empat fungsi yaitu :
-
fungsi atensi
-
fungsi afektif
-
fungsi kognitif
-
fungsi kompensatoris
Menurut Rowntree ( Sihkabuden, 2005: 19)
mengemukakan enam fungsi media, yaitu:
-
Membangkitkan motivasi belajar
-
Mengulang apa yang telah dipelajari
-
Menyediakan stimulus belajar
-
Mengaktifkan respon murid
-
Memberikan umpan balik dengan segera
-
Menggalakkan latihan yang serasi
c. Manfaat media pembelajaran
Secara umum, media pembelajaran mempunyai manfaat sebagai
berikut:
- Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka)
- Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka)
-
Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera,
seperti:
·
Obyek yang terlalu besar bisa digantikan dengan realia, gambar,
film bingkai, film atau model.
·
Obyek yang kecil bisa dibantu dengan proyektor mikro, film
bingkai, film atau gambar
·
Gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat dapat
dibantu dengan timelapse atau high-speed photographi
·
Kejadian atau peristiwa yang terjadi dimasa lalu bisa
ditampilkan lagi lewat rekaman film, video, foto maupun secara verbal.
·
Obyek yang terlalu kompleks, dapat disajikan dengan model,
diagram dan lain-lain
·
Konsep yang terlalu luas (gunung berapi, gempa bumi,
iklim dll) dapat divisualkan dalam bentuk film, gambar, video, dll.
-
Mengatasi sikap pasif siswa. Media pembelajaran bisa
berperan:
·
Menimbulkan kegairahan belajar siswa
·
Memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara siswa
dengan lingkungan dan kenyataan
·
Memungkinkan siswa belajar sendiri-sendiri menurut
kemampuan dan minatnya.
Komentar
Posting Komentar