Kedudukan, Fungsi dan Manfaat Media Pembelajaran


 KEDUDUKAN, FUNGSI DAN MANFAAT MEDIA PEMBELAJARAN
                      a.   Kedudukan media pembelajaran
Pembelajaran adalah suatu system yang mempunyai komponen – komponen seperti bahan pelajaran, kegiatan belajar mengajar, sumber dan media, serta evaluasi. Dan kedudukan media sama pentingnya dengan dengan komponen yang lain yang mendukung terbentuknya tujuan pembelajaran. Karena metode yang digunakan dalam proses pembelajaran biasanya akan menuntut media apa yang dapat diintegrasikan dan diadaptasikan dengan kondisi yang dihadapi.

Ada 10 komponen system pembelajaran yang dikemukakan ole S. Gerlach dan P. Ely, antara lain :Perumusan tujuan pembelajaran yang jelas, Memilih atau menentukan bahan pelajaran yang akan diajarkan, Mengidentifikasi kemampuan apa yang dimiliki para siswa sebelum melaksanakan kegiatan belajar yang direncanakan, Menentukan strategi pangajaran yang akan ditempuh, Pengorganisasian siswa atau mengatur siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang akan ditempuh, Menentukan waktu yang akan digunakan, Menentukan ruangan yang akan dipakai, Menentukan sumber dan media yang akan dipakai, Penilaian penampilan guru dan siswa.

b.      Fungsi media pembelajaran

secara umum media pendidikan mempunyai fungsi sebagai berkut :

·         Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbal

·         Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera.

·    Penggunaan media pendidikan secara tepat dan bervariasi dapat mengatasi sikap pasif anak didik.

·     Dengan sifat yang unik pada setiap siswa ditambah lagi dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda, sedangkan kurikulum dan materi pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa, maka guru banyak mengalami kesulitan bilamana semua itu harus diatasi sendiri.

Sedangkan menurut beberapa ahli menyebutkan fungsi media pembelajaran, antara lain :

Menurut McKnow ( Sihkabuden, 2005:19 ) media terdiri dari fungsi yaitu :

- Mengubah titik berat pendidikan formal, yang artinya dengan media pembelajaran yang sebelumnya abstrak menjadi kongkret, pembelajaran yang sebelumnya teoritis menjadi fungsional praktis.

- Membangkitkan motivasi belajar

- Memperjelas penyajian pesan dan informasi.

- Memberikan stimulasi belajar atau keinginan untuk mencari tahu

Menurut Levie dan Lentz, seperti yang dikutip oleh Arsyad (2002) bahwa media tersebut memiliki empat fungsi yaitu :

-          fungsi atensi

-          fungsi afektif

-          fungsi kognitif

-          fungsi kompensatoris

Menurut Rowntree ( Sihkabuden, 2005: 19) mengemukakan enam fungsi media, yaitu:

-          Membangkitkan motivasi belajar

-          Mengulang apa yang telah dipelajari

-          Menyediakan stimulus belajar

-          Mengaktifkan respon murid

-          Memberikan umpan balik dengan segera

-          Menggalakkan latihan yang serasi

c.       Manfaat media pembelajaran

Secara umum, media pembelajaran mempunyai manfaat sebagai berikut:
- Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu verbalistis (dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka)

-          Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera, seperti:

·         Obyek yang terlalu besar bisa digantikan dengan realia, gambar, film bingkai, film atau model.

·         Obyek yang kecil bisa dibantu dengan proyektor mikro, film bingkai, film atau gambar

·         Gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat dapat dibantu dengan timelapse atau high-speed photographi

·         Kejadian atau peristiwa yang terjadi dimasa lalu bisa ditampilkan lagi lewat rekaman film, video, foto maupun secara verbal.

·         Obyek yang terlalu kompleks, dapat disajikan dengan model, diagram dan lain-lain

·         Konsep yang terlalu luas (gunung berapi, gempa bumi, iklim dll) dapat divisualkan dalam bentuk film, gambar, video, dll.

-          Mengatasi sikap pasif siswa. Media pembelajaran bisa berperan:

·         Menimbulkan kegairahan belajar siswa

·         Memungkinkan interaksi yang lebih langsung antara siswa dengan lingkungan dan kenyataan

·         Memungkinkan siswa belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Media dan Teknologi Pembelajaran

JENIS DAN KLASIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN

Jadwal Final Test