Hubungan Media dan Teknologi Pembelajaran
HUBUNGAN MEDIA DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN
Sebelum kita membahas tentang hubungan antara media pembelajaran dengan teknologi pembelajaran, disini akan
dijelaskan maksud dari media dan teknologi pembelajaran tersebut. Agar lebih memahami hubungan media pembelajaran dan teknologi
pembelajaran.
a.
Pengertian Media Pembelajaran
Kata “media” berasal dari kata latin, merupakan bentuk jamak dari kata
“medium”. Secara harfiah kata tersebut mempunyai arti perantara atau pengantar.
Media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Akan
tetapi sekarang kata tersebut digunakan, baik untuk bentuk jamak maupun mufrad.
Apapun batasan yang diberikan, ada persamaan-persamaan diantaranya yaitu
bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan
dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta
perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.
Dalam
perkembangannya, media pengajaran mengikuti perkembangan teknologi. Teknologi yang
paling tua yang dimanfaatkan dalam proses belajar adalah percetakan yang
bekerja atas dasar prinsip mekanis. Kemudian teknologi audio-visual yang
menggabungkan penemuan mekanik dan elektronik untuk tujuan pengajaran. Teknologi yang
muncul terakhir adalah teknologi mikroprosessor yang melahirkan pemakaian
komputer dan kegiatan interaktif.
Dari definisi-definisi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian
media merupakan sesuatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang
pikiran, perasaan, dan kemauan audien (siswa) sehingga dapat mendorong
terjadinya proses belajar pada dirinya
b. Pengertian Teknologi Pembelajaran
Teknologi Pembelajaran adalah media yang lahir sebagai akibat revolusi
komunikasi yang dapat digunakan untuk keperluan pembelajaran disamping guru,
buku teks dan papan tulis atau bisa diartikan teknologi pembelajaran merupakan
bentuk operasional dari teknologi pendidikan.
Dalam
pengertian yang lebih umum, teknologi pembelajaran diartikan sebagai media yang
lahir sebagai akibat revolusi komunikasi yang dapat digunakan untuk keperluan
pembelajaran di samping guru, buku teks, dan papan tulis. Bagian yang membentuk
teknologi pembelajaran adalah televisi, film, OHP, komputer dan bagian perangkat keras maupun lunak lainnya.
Jadi dapat kita pahami bahwa teknologi pembelajaran
adalah teori dan praktek dalam desain, pengembangan,
pemanfaatan, pengelolaan, serta evaluasi tentang proses dan sumber untuk
belajar dan pemecahan masalah manusia dalam proses belajar.
Dalam penjelasan diatas dapat kita pahami bahwa media termasuk
dalam ruang lingkup teknologi pengajaran. Karena teknologi pengajaran merupakan
himpunan dari proses terintegrasi yang didalamnya terlibat manusia, prosedur,
gagasan, peralatan dan organisasi serta pengelolaan cara-cara pemecahan masalah
pendidikan yang terdapat di dalam situasi belajar yang memiliki tujuan dan
disengaja.
Peran media
disini adalah sebagai solusi pemecahan masalah pendidikan. Masalah pendidikan
yang dihadapi adalah sulitnya seorang pengajar atau guru untuk menyampaikan
pesan atau materi kepada siswa. Bagi siswa, media sangat membantu proses
belajar karena siswa tidak tergantung kepada guru. Siswa bisa belajar kapanpun
dia ingin belajar. Dengan adanya media, maka guru dapat menyampaikan pesan
dengan mudah dan dapat diterima siswa dengan baik sehingga tercapailah tujuan
pembelajaran.
Dapat
disimpulkan bahwa hubungan antara media dengan teknologi pembelajaran sangat
erat. Hal ini dikarenakan di dalam menerapkan teknologi pembelajaran kita harus
menggunakan media agar guru dapat menyampaikan pesan dalam bentuk materi dengan
mudah dan siswa dapat menerimanya dengan baik. Teknologi pembelajaran tidak
akan bisa mencapai tujuan pembelajaran dengan baik tanpa adanya media.
Komentar
Posting Komentar